SAHAM

23 Jun

KEPUTUSAN DIREKSI PT BURSA EFEK JAKARTA
NOMOR: Kep-311/BEJ/09-2004

TENTANG

PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM

Menimbang:

a. bahwa perdagangan Opsi Saham memiliki karakteristik yang berbeda dengan perdagangan Efek lainnya, oleh karena itu diperlukan persyaratan khusus bagi Anggota Bursa Efek untuk dapat diperkenankan memperdagangkan Opsi Saham;

b. bahwa guna memberikan landasan hukum bagi Anggota Bursa Efek untuk memperdagangkan Opsi Saham sebagaimana dimaksud dalam huruf a di atas, dipandang perlu menetapkan Keputusan Direksi PT Bursa Efek Jakarta Tentang Peraturan Nomor III-D Tentang Keanggotaan Opsi Saha

Mengingat:

  1. 1. Pasal 9 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (Lembaran Negara Tahun 1995 Nomor 64, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3608);
  2. 2. Pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 1995 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal (Lembaran Negara Tahun 1995 Nomor 86, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3617) sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2004 (Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 27, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4372);
  3. 3. Peraturan Bapepam Nomor III-A.2 Tentang Tatacara Pembuatan Peraturan Oleh Bursa Efek (Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor: Kep-03/PM/1996 tanggal 17 Januari 1996);
  4. 4. Peraturan Bapepam Nomor III-E.1. tentang Kontrak Berjangka dan Opsi Atas Efek Atau Indeks Efek (Lampiran Keputusan Ketua Bapepam Nomor: Kep-39/PM/2003 tanggal 31 Oktober 2003);
  5. 5. Surat Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor: S-2877/PM/2004 perihal Persetujuan Draft Peraturan dan Perdagangan Opsi Saham di BEJ, tanggal 8 September 2004.

MEMUTUSKAN:
Menetapkan
:
1. Peraturan Nomor III-D Tentang Keanggotaan Opsi Saham, sebagaimana dimuat dalam Lampiran Keputusan ini.
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 1
2. Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di
:
Jakarta
Pada tanggal
:
09 September 2004
PT Bursa Efek Jakarta
Erry Firmansyah
Direktur Utama
M.S. Sembiring
Direktur Keanggotaan
Tembusan:
1. Ketua Badan Pengawas Pasar Modal;
2. Sekretaris Bapepam;
3. Kepala Biro Transaksi dan Lembaga Efek, Bapepam;
4. Kepala Biro Perundang-undangan dan Bantuan Hukum, Bapepam;
5. Komisaris PT Bursa Efek Jakarta.
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 2
LAMPIRAN
Keputusan Direksi PT Bursa Efek Jakarta
Nomor : Kep-311/BEJ/09-2004
Tanggal : 09 September 2004
PERATURAN NOMOR III-D: TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM
I. DEFINISI
Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan:
I.1. Anggota Bursa Efek adalah Perusahaan Efek yang telah memiliki ijin usaha dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) sebagai Perantara Pedagang Efek, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 2 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal dan telah memperoleh Persetujuan Keanggotaan Bursa untuk melakukan kegiatan perdagangan Efek di Bursa.
I.2. Hari Bursa adalah hari diselenggarakannya perdagangan Efek di Bursa yaitu hari Senin sampai dengan hari Jumat, kecuali hari tersebut merupakan hari libur nasional atau dinyatakan sebagai hari libur Bursa oleh Bursa.
I.3. Jakarta Automated Trading System (JATS) adalah sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer.
I.4. Jakarta Option Trading System (JOTS) adalah JATS yang difungsikan khusus untuk perdagangan Opsi Saham.
I.5. JOTS Trader adalah pegawai Anggota Bursa Efek yang telah lulus pelatihan perdagangan Opsi Saham yang diselenggarakan Bursa dan didaftarkan di Bursa untuk mewakili Anggota Bursa Efek dalam melaksanakan perdagangan Efek di Bursa melalui JOTS sesuai dengan Peraturan Bursa.
I.6. Kontrak Opsi Saham (KOS) adalah satuan perdagangan Opsi Saham yang ditetapkan dalam satu satuan kontrak.
I.7. Opsi Saham adalah hak yang dimiliki oleh pihak untuk membeli (call option) dan atau menjual (put option) kepada pihak lain atas sejumlah saham (Underlying Stock) pada harga (Strike Price) dan dalam waktu tertentu.
I.8. Perusahaan Tercatat adalah Emiten atau Perusahaan Publik yang Efeknya tercatat di Bursa.
I.9. PT Bursa Efek Jakarta (Bursa) adalah perseroan yang berkedudukan di Jakarta yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam sebagai pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan permintaan beli Efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan Efek di antara mereka, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 4 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 3
I.10. PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) adalah perseroan yang berkedudukan di Jakarta yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam sebagai pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa, dan perseroan tersebut berdasarkan perjanjian dengan Bursa memberikan jasa Kliring dan Penjaminan penyelesaian atas Transaksi Bursa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 9 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.
I.11. User-ID JOTS adalah tanda pengenal yang digunakan oleh JOTS Trader untuk dapat mengakses JOTS.
I.12. Saham Induk (Underlying Stock) adalah saham Perusahaan Tercatat yang menjadi dasar perdagangan seri KOS.
II. PERSYARATAN BAGI ANGGOTA BURSA EFEK YANG AKAN MELAKUKAN PERDAGANGAN OPSI SAHAM
Untuk dapat melakukan perdagangan Opsi Saham Anggota Bursa Efek harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
II.1. Memiliki sekurang-kurangnya fungsi pemasaran, dan dealing (fungsi pesanan dan perdagangan) Opsi Saham dalam struktur organisasi.
II.2. Memiliki front end system dengan fungsi order management dan monitoring serta back end system yang mendukung pelaksanaan perdagangan Opsi Saham.
II.3. Memiliki JOTS Trader.
II.4. Wajib membuka rekening Efek untuk setiap nasabahnya sebelum melakukan perdagangan Opsi Saham untuk kepentingan nasabah tersebut.
II.5. Dokumen kontrak pembukaan rekening antara Anggota Bursa Efek dengan nasabah Opsi Saham harus sesuai dengan Peraturan Bapepam Nomor V.D.3. tentang Pengendalian Interen dan Penyelenggaraan Pembukuan oleh Perusahaan Efek dan sekurang-kurangnya memuat klausula mengenai hak dan kewajiban nasabah dan Anggota Bursa Efek termasuk risiko perdagangan Opsi Saham.
II.6. Membayar uang keikutsertaan perdagangan Opsi Saham (Joining Fee) kepada Bursa, yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara Anggota Bursa Efek dan Bursa yang selanjutnya akan dituangkan dalam perjanjian.
III. PROSEDUR ANGGOTA BURSA EFEK UNTUK DAPAT MEMPERDAGANGKAN OPSI SAHAM
III.1. Anggota Bursa Efek yang akan melakukan perdagangan Opsi Saham wajib menyampaikan Surat pendaftaran untuk dapat memperdagangkan Opsi Saham (bentuk dan isi surat pendaftaran sesuai dengan Lampiran III-D.1 Peraturan ini) ke Bursa, dengan melampirkan dokumen sebagai berikut:
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 4
III.1.1. Daftar pegawai Anggota Bursa Efek yang bertanggung jawab melaksanakan fungsi pemasaran, dan dealing (fungsi pesanan dan perdagangan) Opsi Saham dan JOTS Trader.
III.1.2. Surat pernyataan dari Anggota Bursa Efek yang menyatakan:
III.1.2.1. Telah memiliki front end system dengan fungsi order management dan monitoring serta back end system yang mendukung pelaksanaan perdagangan Opsi Saham.
III.1.2.2. Bersedia memenuhi persyaratan menjadi Anggota Kliring Opsi Saham sesuai dengan Peraturan KPEI yang terkait dengan Opsi Saham.
III.1.3. Contoh kontrak pembukaan rekening antara Anggota Bursa Efek dengan nasabah Opsi Saham.
III.1.4. Bukti pembayaran uang keikutsertaan perdagangan Opsi Saham (Joining Fee) kepada Bursa sebagaimana dimaksud dalam ketentuan II.6. di atas.
III.2. Bursa sewaktu-waktu dapat melakukan pemeriksaan atau menunjuk pihak lain untuk melaksanakan pemeriksaan guna melakukan pengecekan terhadap pemenuhan persyaratan yang dimaksud dalam ketentuan III.1.1. dan III.1.2.1. di atas.
III.3. Anggota Bursa Efek yang telah memenuhi persyaratan untuk melakukan perdagangan Opsi Saham akan diberikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) perdagangan Opsi Saham.
III.4. SKT perdagangan Opsi Saham diberikan selambat-lambatnya 5 (lima) Hari Bursa setelah Anggota Bursa Efek memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan III.1. di atas dan diumumkan di Bursa.
III.5. Bersamaan dengan penyerahan SKT perdagangan Opsi Saham sebagaimana dimaksud dalam ketentuan III.4. di atas, Bursa akan memberikan surat persetujuan pendaftaran JOTS Trader kepada Anggota Bursa Efek.
III.6. Bursa akan memberikan User-ID JOTS dan Password kepada JOTS Trader dari Anggota Bursa Efek yang telah memperoleh SKT perdagangan Opsi Saham.
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 5
IV. PENDAFTARAN JOTS TRADER
IV.1. Anggota Bursa Efek yang melaksanakan perdagangan Opsi Saham wajib terlebih dahulu mendaftarkan calon JOTS Trader dengan menggunakan Formulir yang bentuk dan isinya sesuai dengan Formulir III-D.2. Peraturan ini, dengan melampirkan dokumen sebagai berikut:
IV.1.1. surat kuasa dari Anggota Bursa Efek yang menerangkan secara jelas kuasa dan wewenang dari JOTS Trader tersebut. Bentuk dan isi surat kuasa sesuai dengan Formulir III-D.3.
IV.1.2. surat pernyataan calon JOTS Trader yang sekurang-kurangnya memuat:
IV.1.2.1. tidak memiliki ikatan kerja dengan Anggota Bursa Efek lainnya;
IV.1.2.2. menjaga kerahasiaan passwordnya;
IV.1.2.3. telah membaca dan memahami serta mematuhi seluruh peraturan yang berlaku di Bursa.
Bentuk dan isi surat pernyataan sesuai dengan Formulir III-D.4.
IV.1.3. sertifikat tanda lulus pelatihan JOTS.
IV.1.4. Daftar Riwayat Hidup dan photocopy Kartu Tanda Penduduk (jati diri), serta pasphoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
IV.2. Selambat-lambatnya 3 (tiga) Hari Bursa sejak Bursa menerima surat pendaftaran calon JOTS Trader sebagaimana dimaksud dalam ketentuan IV.1. di atas secara lengkap, Bursa menerbitkan surat persetujuan pendaftaran JOTS Trader.
IV.3. Bersamaan dengan pemberian surat persetujuan pendaftaran JOTS Trader sebagaimana dimaksud dalam ketentuan huruf IV.2. di atas, Bursa memberikan User-ID JOTS dan Password kepada JOTS Trader dari Anggota Bursa Efek.
IV.4. Dalam hal JOTS Trader tidak lagi bertugas atau berhenti bekerja pada Anggota Bursa Efek, maka Anggota Bursa Efek tersebut wajib melaporkan ke Bursa sekurang-kurangnya 5 (lima) Hari Bursa sebelum tanggal efektif JOTS Trader tersebut tidak lagi bertugas atau berhenti bekerja pada Anggota Bursa Efek yang bersangkutan. Apabila dipandang perlu, Anggota Bursa Efek dapat menunjuk penggantinya dengan melengkapi dokumen sebagaimana dimaksud dalam ketentuan huruf IV.1. di atas.
IV.5. Untuk dapat melakukan perdagangan Opsi Saham di Bursa, JOTS Trader hanya boleh menggunakan User-ID JOTS yang diberikan Bursa kepada JOTS Trader yang bersangkutan.
IV.6. Dalam hal Anggota Bursa Efek dikenakan sanksi penghentian sementara perdagangan Efek di Bursa (suspensi) atau suspensi atas permintaan sendiri sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Perdagangan Efek Nomor II-A.5. tentang Sanksi dan Peraturan Nomor III-C tentang Pembekuan dan Pencabutan Persetujuan Keanggotaan Bursa,
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 6
maka Anggota Bursa Efek tersebut dapat melakukan perdagangan Opsi Saham khusus untuk menyelesaikan posisi terbuka pada Hari Bursa pertama dikenakannya suspensi.
Ditetapkan di
Pada tanggal
:
:
Jakarta
09 September 2004
PT Bursa Efek Jakarta
Erry Firmansyah
Direktur Utama
M.S. Sembiring
Direktur Keanggotaan
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 7
LAMPIRAN III-D.1
Nomor : Jakarta, …………………………
Lampiran :
Kepada Yth.
Direksi PT Bursa Efek Jakarta
Gedung Bursa Efek Jakarta Lt. 4
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
J A K A R T A
Dengan hormat,
Perihal : Permohonan Untuk Menjadi Anggota Bursa Efek Yang Dapat Memperdagangkan Opsi Saham
Kami yang bertanda tangan di bawah ini :
N a m a
:
1. ………………………………………….
2. ………………………………………….*)
Jabatan
:
…………………………………………….
Nama Perusahaan Efek
:
PT ……………………………………………
Alamat
:
……………………………………………
No./tgl Izin usaha dari Bapepam
:
……………………………………………
Dengan ini mengajukan permohonan untuk menjadi Anggota Bursa Efek Jakarta yang dapat memperdagangkan Opsi Saham
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami sampaikan:
1. Daftar pegawai Anggota Bursa Efek yang bertanggung jawab melaksanakan fungsi pemasaran, dan dealing (fungsi pesanan dan perdagangan) Opsi Saham dan JOTS Trader;
2. Surat pernyataan telah memiliki front end system dengan fungsi order management dan monitoring serta back end system yang mendukung pelaksanaan perdagangan Opsi Saham;
3. Surat pernyataan bersedia memenuhi persyaratan menjadi Anggota Kliring Opsi Saham sesuai dengan Peraturan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia;
4. Contoh Kontrak pembukaan rekening dengan nasabah Opsi Saham;
5. Bukti pembayaran uang keikutsertaan perdagangan Opsi Saham (Joining Fee).
Atas perhatian Saudara, diucapkan terima kasih.
Pemohon,
PT ……………………………..
(……………………………..)
nama jelas, jabatan, cap & tanda tangan
Tembusan :
Ketua Badan Pengawas Pasar Modal
*) Apabila sesuai dengan Anggaran Dasar perusahaan harus ditandatangani oleh 2 orang Direktur SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 8
LAMPIRAN III-D.2
SURAT PENDAFTARAN JOTS TRADER
Kami yang bertanda tangan di bawah ini :
N a m a : 1. ……………………………………
2. ..………………………….………*)
Jabatan :
Nama Perusahaan Efek : PT ……………………………………..
Alamat :
No./tgl Izin usaha dari Bapepam :
dengan ini mengajukan pendaftaran calon JOTS Trader atas nama perusahaan kami :
No.
N a m a
No. dan Tgl. Sertifikat Pelatihan Opsi Saham
1.
……………………………….…
………………………………………………
2.
…………………………………
………………………………………………
3.
…………………………………
………………………………………………
Terlampir bersama ini kami sampaikan:
1. Daftar riwayat hidup.
2. Copy sertifikat pelatihan JOTS.
3. Surat Kuasa dari Anggota Bursa Efek mengenai kewenangan dari JOTS Trader sesuai dengan Formulir III.D.3.
4. Surat pernyataan tidak bekerja rangkap, memahami dan mematuhi seluruh peraturan Bursa sesuai dengan Formulir III.D.4.
5. Copy tanda pengenal diri (KTP).
6. Photo ukuran 3 x 4 = 3 lembar.
Demikian agar yang berkepentingan maklum.
PT ……………………………..
(……………………………..)
nama lengkap, jabatan, cap & tanda tangan
*) Apabila sesuai dengan Anggaran Dasar perusahaan harus ditandatangani oleh 2 orang Direktur SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 9
LAMPIRAN III-D.3
SURAT KUASA
Kami yang bertanda tangan di bawah ini :
N a m a : 1. ……………………………………
2. ..………………………….………*)
Jabatan : …………………………………………
No./tgl Izin usaha dari Bapepam : …………………………………………
NPWP : …………………………………………
Dengan ini memberi kuasa dan wewenang kepada JOTS Trader :
N a m a : …………………………………………
Alamat : …………………………………………
No./Tgl. Sertifikat Pelatihan JOTS : …………………………………………
Untuk bertindak mewakili perusahaan kami dalam melakukan kegiatan perdagangan Opsi Saham di Bursa Efek Jakarta.
Demikian agar yang berkepentingan maklum.
Jakarta, ……………………………………
PT …………………………………………
Meterai
Rp 6.000,-
(……………………………..)
nama lengkap, jabatan, cap & tanda tangan
*) Apabila sesuai dengan Anggaran Dasar perusahaan harus ditandatangani oleh 2 orang Direktur SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 10
LAMPIRAN III-D.4
SURAT PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a : …………………………………………
No./tgl Izin usaha dari Bapepam : …………………………………………
NPWP : …………………………………………
Perusahaan Efek : …………………………………………
dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:
1. tidak bekerja rangkap pada Perusahaan Efek lain dan hanya bekerja pada Anggota Bursa Efek PT …………………………..;
2. telah membaca dan memahami serta akan mematuhi seluruh ketentuan peraturan Bursa;
3. akan menjaga kerahasiaan password yang diberikan oleh Bursa.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Jakarta, …………………………….
Yang menyatakan:
Meterai
Rp 6.000,-
(…………………………….)
SEY/KEPUTUSAN PERATURAN NOMOR III-D TENTANG KEANGGOTAAN OPSI SAHAM 11

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: