Ide baru

1 Jul

Rafil

ide baru

Cara agar mendapatkan ide baru setiap hari untuk nulis di blog

Nulis apa ya hari ini ?

Pertanyaan itu sering sekali menjadi ganjalan bagi para penulis blog pemula. Mereka sering bingung apa yang harus ditulis pada hari itu demi menjaga up to date nya blog mereka. Memang kemunculan ide untuk menulis pada tiap-tiap orang itu berbeda. Bagi orang-orang yang sering mengasah otaknya untuk berpikir, maka memunculkan ide-ide baru bukanlah hal yang sulit. Namun, ketika otak itu jarang sekali dilatih untuk berpikir lepas dari biasanya, maka akan sangat sulit sekali memunculkan ide baru dan segar.

Dalam hal menulis, ide itu bisa didapatkan dari mana saja. Mengambil pengalaman saya dalam menulis, saya mempunyai cara sebagai berikut :

1. Banyak membaca

Membaca dan menulis adalah dua hal yang sangat erat. Tidak bisa dipisah. Kalau kamu ingin menulis dengan baik, banyaklah membaca buku. Buku apa saja. Pengkhususan pada beberapa jenis bacaan lah yang membuat otak kita tidak bisa berpikir lebih kreatif.

Saya selalu berusaha ke toko buku minimal seminggu sekali. Dan saya berusaha mencari buku-buku jenis lain yang tidak biasa saya baca. Karena kegemaran saya membaca buku-buku kesehatan dan komputer, kalau ke toko buku, saya usahakan nyari buku lain dulu. Misalnya buku manajemen, bisnis, penjualan, politik, desain interior atau apalah. Yang penting buku itu ga biasa kamu baca. Ga harus beli kok. Syukurlah kalo di Gramedia kita bisa bebas baca gratis, asalkan tahan aja berdiri berjam-jam. Dan lihatlah efeknya, pikiran mu pun akan semakin terbuka untuk hal-hal lain. Sehingga kosa kata yang kamu miliki juga akan semakin banyak.

Dan baca ga harus lewat buku kok. Bisa juga lewat internet. Saya selalu menyempatkan membaca beberapa blog-blog lain (dalam dan luar negeri) setiap hari. Untuk menambah wawasan dan menjaga semangat ngeblog.

2. Bawa selalu pena dan kertas.

Saya memiliki sebuah buku notes kecil berukuran 10 x 15 cm. Dan buku ini sering saya bawa kemana-mana. Nah, ketika jalan dan ada ide, langsung saya tulis di buku itu. Namun, kadang saya lupa juga membawa buku itu, tapi kalo hape biasanya ga lupa. Nah, saya gunakan fasilitas sms di hape untuk menyimpan ide-ide yang muncul tiba-tiba. Gampang kan ?

3. Copy and Paste ?

Cara ini bisa jadi merupakan cara yang termudah untuk mengisi blog kita. Namun, sebaiknya dihindari deh. Karena kasian kan yang udah capek-capek nulis artikel itu, eh kamu yang ngakuin nulisnya. Kalo terpaksa untuk mengambil artikel dari sebuah buku, majalah, atau dari internet sebaiknya cantumkan sumbernya. Dan lebih baik tidak sama persis. Gunakan bahasa kamu sendiri.

Mudahan artikel ini bisa membantu kamu tetep mendapatkan ide segar setiap hari. Kalau ada tips tambahan, isi aja komentarnya. Siapa tahu berguna bagi pembaca yang lain.

Masalah menemukan ide baru adalah mencari darimana datangnya mereka. Ketika anda berusia sekitar 5 tahun, 90% dari anda memiliki banyak sekali ide, bermain dengan permainan khayalan, dan bermimpi melakukan hal-hal yang anda tidak tahu kalau hal tersebut tidak mungkin. Pada saat menginjak usia 10 tahun, menurun 2%. Tidak mengherankan banyak dari kita yang percaya kalau kita tidak kreatif, kita menjadi terbiasa berpikir logis sehingga sisi kreatifitas “bagaimana jika?” tidak memiliki kesempatan ditunjukkan.

Biarkan Ide-Ide Baru Mengalir

* Dengan sadar melakukan hal-hal yang berbeda – mengambil rute ke kantor yang berbeda, membeli koran atau majalah yang berbeda, membaca buku yang berbeda, mencoba makanan yang belum anda coba sebelumnya.

* Terus Belajar – orang yang mengira dia tahu segalanya akan segera tertinggal dengan adanya ide-ide baru dan teknologi, kecuali mereka siap membuka diri untuk terus belajar. Luangkan waktu menjelajah internet, berlangganan publikasi yang membuat anda selalu up to date.

* Tanya konsumen anda – produk atau layanan baru apa yang diinginkan?

* Berdiskusi dengan orang yang tidak ada kaitannya dengan bisnis anda – mereka memiliki perspektif yang sangat berbeda.

* Menciptakan lingkungan yang tepat – warna dekorasi, jenis musik, perabotan, gambar yang menginspirasi. Apapun yang anda perlukan untuk mendapatkan mood berpikir.

*Ciptakan ruang – meluangkan 15 menit sehari untuk “berkhayal” dapat memberikan hasil yang mengejutkan. Apakah sepadan meluangkan waktu anda 15 menit setiap harinya agar bisnis anda lebih berhasil? Catat dalam buku harian anda!

Berapa banyak yang akan anda hasilkan jika anda mengembangkan ide baru yang nantinya 50% konsumen anda membelinya?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: