apa itu april mop

9 Jul

April mop

Tentunya teman-teman pernah mendengar istilah “April Mop” bukan?(Hari yang mengesalkan jika kita adalah korbannya)

Hmm,, buat yang belum pernah mendengarnya.. “April Mop itu apa sih?”

April Mop yang juga di kenal sebagai April Fools’ Day dalam bahasa Inggrisnya, yang diperingati setiap tanggal 1 April. Pada hari ini, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Jahil dan iseng terhadap orang lain boleh dilakukan pada hari itu.

Yuk,, kita ikutin “Kilas Balik Sejarah April Mop.”

-Istilah April Mop disinyalir sudah dikenal di Perancis pada abad 16, Sebelum ada penyempurnaan sistim penanggalan seperti yang kita kenal saat ini,tanggal tersebut di anggap sebagai hari pergantian tahun.(kata April diserap dari bahasa Belanda – aprire, artinya membuka) Padahal Paus Gregory telah memperkenalkan sistim penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari, tetapi sosialisasi (mungkin belum ada TV/ Radio) tidak mencapai semua kalangan dan bahkan banyak yang tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April. Merekalah yang disebut April Fools, orang-orang yang tertipu di bulan April.

– Ada Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

-April Mop atau April Fools ini juga kerap diperingati oleh media massa dengan menerbitkan kisah luar biasa yang hanya mengada-ada saja. “Hoax April Mop”

-Di Indonesia dikenal dengan istilah April Mop (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya kelakar)

-Di Perancis disebut Poisson d’avril, artinya ikan April (mungkin maksudnya adalah ikan kecil yang gampang tertangkap atau tertipu)

-Di Inggris April Mop lebih dikenal dengan istilah April noddie sebutan buat orang-orang yang tertipu

-Di Skotlandia di peringati selama 2 hari yang dinamakan April gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily day yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

-Para agamais di Eropa menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta.

-Bahkan ada yang menganggap April mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan Sebab itulah, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka. Baca sejarah selengkapny disini dan disono. Ada juga situs yang membantah kalo April mop itu berhubungan dengan Islam. Baca disini

Lelucon Yang Terkenal.

[POHON SPAGHETTI] Lelucon yang cukup sukses dan mengemparkan warga, dibuat oleh Program TV BBC Inggris pada tahun 1957, Panorama. Penyiarnya mengatakan musim semi datang lebih awal tahun ini, dan menyiarkan video2 yang menampilkan petani2 Swiss yang sedang memanen spaghetti dari pohon. Tak lama setelah ditayangkan, BBC kebanjiran telepon yang menanyakan di mana persisnya acara panen itu dan dimana mereka bisa membeli pohon spaghetti! GOchha.. KEna Deh.. ~.~!! Baca disini

TsuNami April Mop.

Ternyata lelucon April Mop juga memiliki Efek samping yang cukup tragis lo. Liputan berita di media massa yang terbit pada tanggal 1 April sering dianggap sebagai rutinitas lelucon bagi orang-orang yang memperingatinya,mereka lebih meragukan kebenaran berita tersebut.

Tsunami April Mop in HawaiiPada 1 April 1946, tsunami gempa Pulau Aleutian membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska karean banyaknya orang yang mati karena tidka percaya liputan berita akan datanyanya tsunami tersebut. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: